Terkendala Anggaran, Peserta Transmigrasi dari Pangandaran Gagal Beran

loading…

Dokumen MoU penyerahan peserta tranmigrasi tahun 2018 Pemda Pangandaran dengan Pemprov Sulawesi Utara. Foto/Syamsul Ma’arif

PANGANDARAN – Program transmigrasi Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat tahun 2019 batal dilaksanakan lantaran terkendala anggaran.

Kepala Seksi Transmigrasi di Dinas Tenaga Kerja Industri dan Tranmigrasi Engkus Saefuloh mengatakan, tahun 2019 Kabupaten Pangandaran tidak melaksanakan pemberangkatan tranmigrasi.

“Padahal kuota untuk pelaksanaan pemberangkatan tranmigrasi dari pemerintah provinsi sudah disediakan,” kata Engkus.

Baca Juga:

Tidak dilaksanakannya program transmigrasi karena anggaran untuk pemberangkatan yang harusnya didanai dari APBD Kabupaten tidak teralokasikan.

“Pada anggaran tahun 2019 kami hanya punya kegiatan evaluasi dan monitoring untuk masyarakat yang diberangkatkan pada tahun sebelumnya,” tambah Engkus.

Engkus menambahkan, kegiatan evaluasi dan monitoring yang bakal dilaksanakan rencananya akan meninjau peserta tranmigrasi di Kalimantan Barat yang telah diberangkatkan pada tahun sebelumnya.

“Untuk tahun 2019 Dinas Tenaga Kerja Industri dan Tranmigrasi sudah menerima permohonan sebanyak 24 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa 60 orang,” papar Engkus.

Saat rapat koordinasi di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran sudah diberi kuota, namun waktu itu juga Engkus memberikan keputusan tidak mengambil kuota.

“Minat dari warga untuk menjadi peserta transmigrasi di Pangandaran tergolong tinggi, karena banyak peserta transmigrasi yang telah diberangkatkan sukses secara ekonomi,” jelas Engkus.

(rhs)

You may also like :