Jateng Bakal Dilanda Hujan Petir, Gelombang Laut 3,5 Meter

loading…

Cuaca ekstrem menjelang akhir Januari ini masih melanda sejumlah kawasan di Jawa Tengah. Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews

SEMARANG – Cuaca ekstrem menjelang akhir Januari ini masih melanda sejumlah kawasan di Jawa Tengah. Hari ini, sebagian besar daerah diprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang dengan disertai kilatan petir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, merilis informasi cuaca berdasarkan pengamatan citra satelit Himawari 8 EH pukul 06.00 WIB. Prakiraan cuaca berlaku hari ini Kamis (24/1/2019) pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB. (Baca Juga: Ombak 3 Meter, Kapal Penumpang Gresik-Bawean Dilarang Berlayar)

“Cuaca Semarang pagi umumnya berawan, sementara siang/sore sampai petang terjadi hujan ringan hingga sedang tersebar merata. Angin dari arah barat-utara dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam. Suhu udara berkisar 26-31 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar 70 – 90{feb17394ee837983aacecfd85052fd72acde2ab1ef21241fc7ece377cfc52b99},” kata Forester BMKG, Arif Nurhidayat.

Baca Juga:

Sementara untuk cuaca di Jawa Tengah secara umum pada pagi hari juga diselimuti awan. Hanya daerah Jepara dan Kudus yang dilanda hujan dengan intensitas ringan. Cuaca diprakirakan bakal berubah lagi pada siang atau sore nanti.

“Siang atau sore sampai petang, terjadi hujan intensitas ringan sampai sedang dengan durasi lama tersebar merata di wilayah Jawa Tengah. Berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di daerah pegunungan pada sore hari,” terangnya.

Selain itu, gelombang laut juga relatif tinggi sehingga warga yang beraktivitas di sepanjang pantai atau berlayar diminta untuk berhati-hati. (Baca Juga: Ombak 4 Meter Ancam Wilayah Pantura Jateng 4 Hari ke Depan)

“Tinggi gelombang di Laut Jawa 0,5 sampai 2,5 meter, untuk di perairan Selatan Jawa Tengah 1,5 sampai 3,5 meter,” pungkasnya.

(rhs)

You may also like :