Diterjang Gelontoran Bebatuan, Jembatan Plompong Brebes Putus

loading…

Aliran air sungai yang deras disertai bebatuan menerjang Jembatan Plompong di Kabupaten Brebes, Jawa tengah, hingga terputus. iNews.id/Taufik Budi

BREBES – Aliran air sungai yang deras disertai bebatuan menerjang Jembatan Plompong di Kabupaten Brebes hingga terputus. Meningkatnya aliran sungai setelah hujan deras mengguyur daerah hulu hingga membawa material batuan berukuran besar.

Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah (Jateng), Sarwa Pramana menjelaskan, jembatan tersebut putus satu jam setelah turun hujan deras pada Senin 21 Januari 2019 pukul 14.30 di kawasan Kecamatan Sirampog Brebes. Jembatan penghubung dua desa itu ambrol hingga putus diterjang aliran air yang deras disertai bebatuan.

“Pada pukul 15.30 WIB, jembatan penghubung Desa Plompong dengan Desa Manggis tersebut putus. Jembatan putus diterjang aliran sungai deras yang membawa material batuan dengan ukuran besar,” kata Sarwa Pramana, Selasa (22/1/2019).

Baca Juga:

Gelontoran air beserta bebatuan berukuran besar itupun menerjang tiang penyangga jembatan hingga ambrol. Tak berselang lama, badan jembatan putus dan terbawa derasnya air. Sejumlah warga yang berada di lokasi kejadian sempat merekam detik-detik putusnya jembatan. “Badan jembatan putus di bagian selatan. Tidak ada korban dalam peristiwa ini,” pungkasnya.

Tim BPBD melakukan assesment serta koordinasi dengan aparat desa setempat guna mendapatkan informasi terkait kronologi kejadian. Kepada warga diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati pada musim hujan ini.

(wib)

You may also like :