Cuaca Buruk, Ribuan Kendaraan Antre di Pelabuhan Bakauheni

loading…

Antrean kendaraan di gerbang Pelabuhan Bakauheni, Lampung, akibat cuaca buruk.Foto/MNC Media/Heri Fulistiawan

LAMPUNG – Cuaca buruk yang tengah melanda perairan Selat Sunda sejak lima hari terakhir, menyebabkan pelayaran kapal molor hingga setengah jam lebih. Akibatnya, penumpukan kendaraan di area parkir Pelabuhan Bakauheni, Lampung tak dapat dihindari.

Para pengendara harus rela antre antara satu hingga enam jam agar bisa naik ke atas kapal dan melanjutkan pelayaran di Selat Sunda.Waktu pelayaran yang menjadi lebih lama serta sulitnya kapal untuk sandar di dermaga, membuat pelayanan harus molor antara setengah jam hingga satu jam lebih.

Akibatnya, ribuan kendaraan harus tertahan di area kantong parkir Pelabuhan Bakauheni, antara satu hingga enam jam lebih. Lamanya antrean, membuat para pengendara dan penumpang pun terpaksa keluar kendaraan untuk mencari angin segar dan menghilangkan kejenuhan.

Tak hanya menghambat waktu, kejadian ini juga mengakibatkan pengeluaran sopir dan penumpang mengalami pembengkakan lantaran harus mengeluarkan biaya tambahan sembari menunggu kendaraan bisa naik ke kapal. Derasnya arus kendaraan yang datang ke Pelabuhan Bakauheni membuat antrean kendaraan di tol gate pun tak dapat dihindari.

Berdasarkan data dari BMKG, diketahui tinggi gelombang di Selat Sunda saat ini mencapai ketinggian antara dua setengah hingga tiga meter dan kecepatan angin berkisar antara 20-25 knot atau naik 100{feb17394ee837983aacecfd85052fd72acde2ab1ef21241fc7ece377cfc52b99} dibanding hari biasanya.

(whb)

You may also like :