Anggota Dewan Soroti Pergantian Pejabat Eselon II di Simalungun

loading…

Anggota DPRD Simalungun Bernhard Damanik soroti mutasi pejabat eselon II yang diganti mendadak. Foto/Dok SINDOnews

SIMALUNGUN – Pergantian pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) atau setingkat pejabat eselon II menuai sorotan dari kalangan dewan karena diganti secara mendadak sejak pertengahan Januari lalu.

Informasi yang diperoleh wartawan, Selasa (22/1/2019), para ASN mengetahui pimpinannya sudah berganti akhir pekan lalu.

Salah seorang Anggota DPRD Simalungun Bernhard Damanik mengaku mengetahui Sekretaris Dewan (Sekwan) berganti dari Jontalidin Purba kepada SML Simangunsong awal pekan kemarin.

Baca Juga:

“Saya masuk kantor ternyata Sekwan sudah ganti, terkejut saya, baru awal Januari lalu masih dijabat Jontalidin Purba,” ujar Bernhard.

Bernhard menyesalkan seringnya Pemkab Simalungun melakukan mutasi pejabat mendadak dan penempatannya tidak proporsional.

Dia mencontohkan penempatan Kepala Dinas KB dari pejabat yang bukan berlatar belakang pendidikan kesehatan namun alumni STPDN.

“Bukan saya katakan tidak mampu jika dari alumni STPDN di Dinas KB, namun yang berlatar pendidikan kesehatan atau paham di bidang pengendalian penduduk masih banyak dan memenuhi syarat menempati jabatan itu (Kadis KB),” sebut Bernhard.

Sebelumnya, pertengahan Januari lalu, sejumlah pimpinan OPD diantaranya Kepala Dinas Kominfo Akmal H Siregar digantikan Edwin Simanjuntak. Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dari Jhon Suka Jaya Purba digantikan Frans N Saragih. Asisten Administrasi Keuangan dari Sudiahman Saragih digantikan Jhon Suka Jaya Purba. Kepala Inspektorat dari Frans N Saragih digantikan Sudiahman Saragih.

Pekan lalu pergantian pejabat pimpinan OPD kembali dilakukan, di antaranya, Sekretaris DPRD Simalungun Jontalidin Purba digantikan SML Simangunsong. Sekretaris Korpri Rizal EP Saragih digantikan Jontalidin Purba. Kepala Dinas KB dari SML Simangunsong digantikan Rizal EP Saragih.

Sejumlah ASN Pemkab Simalungun yang bertugas di Dinas KB, R Purba mengaku tidak mengetahui pimpinannya sudah berganti pekan lalu.

“Sebelumnya saya tidak tahu kepala Dinas KB sudah ganti dari pak SML kepada pak Rizal, itupun saya tahu saat masuk kantor Jumat (18/1/2019) lalu,” ujar Purba.

Kepala Bidang Pengembangan BKD Pemkab Simalungun, Eka C Barus yang dikonfirmasi membenarkan adanya mutasi sejumlah pimpinan OPD. “Mutasi seluruh pimpinan OPD memang sudah dilakukan. Satu surat keputusan dan dilantik di BKD oleh Sekda,” ujar Barus.

(rhs)

You may also like :